Home Morowali Pangdam dan Bupati Bahas Rencana Batalyon 716

Pangdam dan Bupati Bahas Rencana Batalyon 716

327
TIBA DI MOROWALI - Pangdam XIII Merdeka Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang bersama rombongan tiba di Rumah Jabatan Bupati Morowali, Senin 11 Februari 2019. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.id – Pangdam XIII Merdeka Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang bersama rombongan disambut oleh Bupati Morowali Taslim di rumah jabatan bupati sewaktu tiba di Kabupaten Morowali, Senin, 11 Februari 2019.

Beberapa saat kemudian Bupati Morowali Taslim dengan didampingi oleh beberapa pejabat kepala OPD Pemkab dengan tamunya melakukan acara tatap muka yang sekaligus dilanjutkan dengan makan siang secara bersama.

“Kehadiran bapak Pangdam XIII Merdeka satu kehormatan buat pemerintah dan masyarakat. Petunjuk dan arahan dapat menjadi nilai tambah buat kami di Kabupaten Morowali,” kata Taslim disela tatap muka di rumah jabatan bupati Morowali.

Taslim mengakui untuk memberi rasa aman tidak lepas dari peran TNI. Apalagi Kabupaten Morowali sekarang ini telah ada sebuah perusahaan besar seperti PT IMIP dan pemerintah meniginkan agar semuanya berjalan aman.

“Kita semua tahu jika daerah ingin maju perihal pertama yang harus dipelihara adalah keamanan. Dan keamanan itu bukan hanya menjadi tanggung jawab dari TNI dan Polisi. Tapi juga tugas kami dari selaku pemerintah bersama dengan masyarakat,” ujarnya.

Kehadiran Pangdam XIII Merdeka yang datang lebih awal masih berhubungan dengan kunjungan Panglima TNI dan Kapolri, termasuk pula soal perencanaan pembentukan Batalyon 716 yang akan dibangun di Kabupaten Morowali.

Dalam arahannya, Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan, langkah TNI untuk merencanakan membentuk Batalyon 716 di Kabupaten Morowali bertujuan menambah kekuatan pengamanan dalam jangka panjang.

“Tidak hanya darat, tapi di Morowali ini, nantinya TNI juga akan memperkuat pada sektor udara dan laut,” katanya.

Pangdam XIII Merdeka juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Morowali yang telah merespons soal rencana penempatan pembangunan Batalyon 716 dan harapannya rencana ini juga akan cepat terealisasi.

“Olehnya itu saya juga berharap semua komponen di daerah Kabupaten Morowali marilah kita bersama-sama menjaga ke amanan di daerah ini. Sebab Morowali ini salah satu daerah yang berkembang dan memiliki kekayaan alam melimpah,” kata Tiopan Aritonang.

Lahan Sudah Siap

Sebelum Pangdam XIII Merdeka, sehari sebelumnya itu Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita bersama rombongan sudah bertemu Bupati di rumah jabatan bupati Morowali.

Saat bersama Bupati Morowali, Danrem 132 Tadulako menyebut soal lahan milik Pemkab Morowali yang diberikan buat pembangunan Batalyon di Kabupaten Morowali. Meski pembentukan Bataliyon masih dalam fase perencanaan.

“Kalau untuk lahan, Morowali sudah siap. Beberapa waktu lalu kami sudah tinjau lokasinya dan itu masih lahan Pemkab Morowali,” ujar Taslim saat berbincang – bincang dengan Danrem 132 Tadulako di rumah jabatan, Minggu 10 Februari 2019.

Dandim 1311/ Morowali Letkol Arh S.K Saragih juga tampak ikut mendampingi Danrem 132 Tadulako bersama dengan rombongan. Demikian juga pada saat berbincang-bincang dengan Bupati Morowali di rumah jabatan.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here