Home Sulteng

Disdukcapil Sulteng Jamin Stok Blangko e-KTP

158
Abd Haris Yatolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng Abd Haris Yatolembah menjamin ketersedian stok blangko e-KTP di daerahnya.

“Kalau stok blangko e-KTP untuk Sulawesi Tengah ada, hanya saja kita kadang terkendala membawanya karena berat,” ungkap Haris kepada Metrosulawesi, Jumat, 8 Februari 2019.

Dia mengatakan stok blangko e-KTP yang tersedia di kantornya sekitar 6.000 keping diperuntukkan ke Disdukcapil kabupaten/kota. Ketersedian stok blangko KTP elektronik dalam menggenjot perekaman dan pencetakan e-KTP. Tujuannya agar masyarakat bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu Legislatif dan Presiden pada April mendatang.

Mantan Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulteng itu menerangkan pihaknya juga baru mendistribusikan blangko e-KTP ke Disdukcapil kabupaten/kota. Jumlah blanko yang didistribusikan 500 keping sampai 1.000 keping.

“Di Jakarta juga masih ada stok kita, cuma tidak bisa langsung dibawa karena berat sekali,” ucapnya.

Fokus target pencetakan e-KTP dikatakan berada di Banggai Kepulauan (Bangkep) yang harus digenjot perekaman dan pencetakannya. Haris mengatakan ia telah memberangkatkan dua orang petugas membantu pelayanan e-KTP di Bangkep.

“Saya sudah turunkan dua orang ADB, Insya Allah satu minggu nanti sudah tuntas itu,” kata Haris.

Sementara untuk Kota Palu, Disdukcapil memfokuskan perekaman dan pencetakan e-KTP kepada masyarakat peserta padat karya. Itu karena peserta padat karya harus memiliki e-KTP sebagai persyaratan menerima upah non tunai melalui transfer bank. Kepada masyarakat umum, Haris kembali mengimbau agar proaktif mendatangi Disdukcapil kabupaten/kota melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP.

“Saya juga berharap kepada semua pihak mulai dari LSM, Partai Politik dan elemen masyarakat lainnya agar mengingatkan keluarganya mengurus dokumen kependudukan,” tandas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas