Home Sulteng

KK dan Akte Kelahiran Bisa Diterbitkan di Desa

480
Ilustrasi. (Foto: baca.co.id)

  • Dokumen Ditandatangani Secara Elektronik

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, menyelenggarakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kependudukan di Fourpoints Hotel Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Kegiatan itu dibuka pada Kamis 7 Februari 2019 oleh Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah dan dihadiri oleh jajaran Direktorat Dukcapil, sejumlah Kepala Daerah serta Kepala Dinas Dukcapil se Indonesia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli Drs. Ashar Ambomasse yang mengikuti Rakornas selama 3 hari itu turut didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Luly Nasra Bantilan, S.STP dan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Zakia, S.Sos.

Kadis Dukcapil Kabupaten Tolitoli Drs. Ashar Ambomasse menjelaskan dalam Rakornas ini dibahas sejumlah agenda di antaranya beberapa terobosan baru Ditjen Dukcapil yang menerapkan Dukcapil berbasis digital.

Semua dokumen kependudukan ditandatangani secara elektronik sehingga pelayanan semakin efisien. Semua layanan kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian dan surat keterangan bisa diterbitkan di tingkat kecamatan bahkan bisa di tingkat kelurahan dan desa.

Bila sebelumnya dokumen dicetak terlebih dahulu kemudian ditandatangani, sekarang ditandatangani terlebih dahulu dalam iPad dalam bentuk PDF kemudian dicetak.

Hal ini kata Ashar mempermudah pelayanan karena tanda tangannya bisa sambil kerja dan bisa dilakukan di manapun tidak harus di kantor. Artinya dengan tanda tangan digital, Dinas Dukcapil ada dimana-mana, tidak terbatas hanya di kantor resminya. Dengan menggunakan data digital bisa mengefisienkan waktu selain itu tidak perlu membawa banyak kartu. Tanda tangan digital ini sudah disiapkan, tinggal daerah melaksanakan.

Menurut Kadis Dukcapil, hal ini tentunya bisa terwujud dengan kerjasama dan dukungan semua pihak untuk mewujudkan data kependudukan sebagai big data yang bisa dimanfaatkan untuk semua keperluan.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

1 COMMENT

  1. maaf, mau tanya..
    kenapa ktp saya tidak terdata sesuai dengan ktp yang saya pegang sekarang, baru baru ini saya pergi ke bank untuk pembukaan nomor rekening, data yang dimiliki bank masih alamat yang lama, padahal saya sudah punya ktp dengan alamat yang baru & secara otomatis, KK yang saya miliki sekarang tidak terdaftar sebagai kepala keluarga.. mohon penjelasannya

Ayo tulis komentar cerdas