Home Palu

Kompetensi Guru di Palu Stagnan

218
Dr Asep Mahpudz. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pengamat Pendidikan Kota Palu Dr. Asep Mahpudz mengungkapkan perkembangan pendidikan di Kota Palu selama 2018, khususnya aspek penguatan dan peningkatan kompetensi pendidik (guru) cenderung mandeg atau stagnan.

Menurut Asep, Pemerintah Kota Palu sudah mulai memperhatikan aspek mutu layanan pendidikan di Kota Palu, meskipun masih perlu kerja keras untuk meningkatkannya.

“Olehnya, perlu adanya dukungan dan keterlibatan multi pihak untuk meningkatkan mutu pendidik secara kontinyu di tahun ini,” ujar Asep di Palu, Jumat, 8 Februari 2019.

Asep mengungkapkan akses pendidikan di Kota Palu sudah membaik dan berkembang cukup merata di hampir seluruh wilayah. Hal ini tentunya perlu ditingkatkan lagi tahun ini.

Sementara disisi lain, Asep mengungkapkan aspek peningkatan mutu layanan pendidikan masih perlu didorong dan ditingkatkan lagi, terutama proses dan mutu layanan terhadap peserta didik.

“Misalnya terkait peningkatan hasil belajar dan prestasi akademik siswa, hal ini juga perlu menjadi perhatian seluruh pengelola pendidikan di Kota Palu,” katanya.

Dari pengamatannya, Asep mengungkapkan hanya beberapa sekolah di Kota Palu yang peduli dengan peningkatan mutu layanan pendidikan.

“Tidak semua sekolah di Kota Palu mampu melaksanakan hal tersebut, karena memerlukan dukungan biaya dan fasillitas pendidikan yang memadai dan memenuhi standar,” ungkapnya.

Untuk peningkatan mutu pendidikan di Kota Palu, Asep berharap Pemerintah Kota Palu dapat memberdayakan segenap potensi untuk aktif terlibat.

“Misalnya para kepala sekolah dan guru serta pengawas yang berprestasi di bidang pendidikan, mereka harus diajak untuk terlibat langsung dalam proses peningkatan mutu pendidikan di Kota Palu mulai dari perencanaan sampai evaluasi,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas