Home Palu

Expo Zhar 2019 Tampilkan Ragam Karya Siswa Menarik

538
RESMIKAN PAMERAN - Kadisdikbud Palu, H Ansyar Sutiadi (kiri) didampingi Kepala SMP Al-Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit bersama-sama memotong pita, tanda dibukanya kegiatan Expo Zhar 2019, di SMP Al-Azhar Mandiri Palu, Jumat, 8 Februari 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Expo Zhar 2019 event yang tiap tahunnya diadakan oleh SMP Al-Azhar Mandiri Palu kembali digelar, Jumat, 8 Februari 2019. Kegiatan tersebut kali ini, menampilkan pentas seni dan beragam pameran yang merupakan inisiasi dari siswa-siswi sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu H Ansyar Sutiadi, membuka secara resmi event tersebut, di Lapangan Olahraga SMP Al-Azhar Mandiri Palu.

Kepala SMP Al Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit mengungkapkan, event kali ini menampilkan beragam karya yang merupakan 80 persen hasil karya dari siswa-siswi SMP Al-Azhar Palu, yang dikerjakan dalam satu tahun kemudian dipamerkan melalui kegiatan expo ini.

“Prinsip kami di Al-Azhar belajar tidak hanya di dalam kelas yang diberikan pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan lainnya. Tetapi belajar itu bekerja bagaimana mempersiapkan diri untuk masa depan, dengan belajar berbisnis, olehnya itu di SMP Al-Azhar ini ada pelajaran berbisnis,” ungkap Basit.

Bahkan kata Basit, para murid SMP Al-Azhar Palu bisa mendatangkan ribuan siswa SD yang ada di Kota Palu. Sebab di expo ini ada suatu tempat favorit yakni rumah hantu.

“Anak-anak SD penasaran dengan rumah hantu ini, padahal diberikan tiket sebesar Rp5.000, tetapi para siswa kami dapat mendatangkan para murid SD hingga 3.000 orang,” ujarnya.

Basit mengatakan di kegiatan tersebut pihaknya mengundang sejumlah kepala SMP Negeri, dengan tujuan untuk berbagi ilmu atau inspirasi terkait pembalajaran dan kegiatan yang dilakukan oleh SMP Al-Azhar Mandiri Palu.

“Walaupun pascabencana gempa, tetapi kami mencoba bangkit kembali, karena kita tidak boleh terlalu lama terlena dengan musibah ini, tetapi kita harus berjuang kembali. Jadi di tengah-tengah kekurangan yang ada kita berusaha membangun kembali semangat para siswa dalam bekarja,” katanya.

Basit mengatakan para murid SMP Al-Azhar tidak hanya belajar di kelas, tetapi kegiatan yang diselenggarakan ini, pihak sekolah menganggap bagian dari pembelajaran.

Kepala Disdikbud Palu, H Ansyar Sutiadi mengaku kagum dan bangga terhadap eksistensi SMP Al-Azhar Palu. Sebab sekolah ini setiap ada event atau perlombaan, baik itu di ajang akademik maupuan non akademik, pasti tidak pernah keluar dari juara satu, dua dan tiga.

“Saya berharap peserta didik terus fokus untuk belajar, apa yang sudah didapatkan agar di tingkatkan. Apalagi di era milenial yang serba instan dan dunia maya. Saya beharap para siswa manfaatkan teknologi untuk kebaikan, ilmu pengatahuan dan pembentukan karakter, serta dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas