Home Ekonomi Ekonomi Membaik, Stok Yamaha Banua Kurang

Ekonomi Membaik, Stok Yamaha Banua Kurang

199
Prediksi penjualan Diler Yamaha Banua Motor Palu meleset pascabencana menyebabkan terjadi kekurangan stok. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Diluar dugaan, pascabencana di Sulawesi Tengah perekonomian masyarakat justru meningkat. Ini terlihat tingginya transaksi penjualan sepeda motor yang diluar prediksi.

SOP Manager Yamaha Banua Motor Palu, Andi Imran mengatakan pihaknya hanya memesan sekitar 700 unit karena prediksi mereka pascabencana ternyata salah dari apa yang telah sepakati bersama pihak perusahaan.

“Kami hanya pesan 700 unit ternyata prediksi kami salah. Kami mengira pascabencana ekonomi menurun ternyata tidak, malah Palu semakin baik ekonominya,” katanya, Jumat (8/2/2019).

Ia menyampaikan seandainya tidak terjadi bencana pihaknya sudah memprediksi penjualan kurang lebih sekitar diangka 2.200 unit untuk 2019. Sementara, di tahun 2018 pihak Yamaha Banua Motor Palu menargetkan 1.800 unit kendaraan.

“Kami salah prediksi ternyata ekonomi Palu mulai membaik. mengharapkan penjualan Pasca bencana menurun, tapi kenyataannya terbalik semakin banyak konsumen yang pesan kendaraan. Maka dari kami sekarang masih kekurangan stok. Kemudian, Alhamdulillah penjualan Pasca bencana di tahun kemarin juga mencapai target” katanya.

Sementara, untuk periode Desember 2018 Yamaha Banua Motor Palu mengalami penurunan penjualan sekitar 20 persen. Lebih lanjut dia mengatakan tepat di bulan Januari 2019 penjualan kembali naik dan masih menghabiskan stok kendaraan di tahun kemarin.

“Stok lama masih sekitar 200-an unit di bulan kemarin. Untuk pembelian kebanyakan masih di segmen matic karena pengguna kendaraan dengan situasi dalam kota dan melakukan servis kebanyakan matic,” jelas Andi Imran.

Selain itu, pihak Yamaha Banua Motor Palu juga menawarkan cash back Rp500 ribu rupiah dari DP (Down Payment) Rp2 juta rupiah. Sementara, potongan pembayaran kredit Rp30 ribu di setiap bulan.

“Itu program bulan kemarin yang kami berikan pada konsumen bila ingin ambil unit di Banua Motor Palu. Sedangkan, pihak BAF juga memberikan keringanan pada costumer yang terdampak bencana sekitar enam bulan Penangguhan Kredit terhitung mulai Oktober 2018 sampai dengan maret 2019,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here