Home Morowali Utara Pemilik Lahan Pasar Beteleme Desak Pemda Bayar Ganti Rugi

Pemilik Lahan Pasar Beteleme Desak Pemda Bayar Ganti Rugi

207
ALOT - Pertemuan yang cukup alot tentang permasalahan Pasar Beteleme. (Foto: Alekson Waeo/ Metrosulawesi)

Morut, Metrosulawesi.id – Setelah lintas komisi DPRD Morowali Utara meninjau lahan sengketa di Pasar Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morut, kini pemilik tanah bersama tim advokasi kembali mendatangi gedung DPRD tersebut untuk mendesak pihak pemerintah agar secepatnya melakukan ganti rugi.

Di lokasi tempat para pedagang mengais rezeki serta tempat warga masyarakat melakukan segala kebutuhan hidup itu terdapat seluas 1,5 hektar merupakan kepemilikan warga yang terungkap saat pertemuan antara pemilik lahan dengan warga pedagang disalah satu los Pasar Beteleme pekan ketiga November 2018 lalu.

Saat itu pemilik lahan keluarga Lama-Lamuwu melalui tim kuasa hukumnya didampingi sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Morowali Utara ungkap kepada warga pasar terkait kepemilikan lahan tersebut dengan menunjukkan sejumlah dokumen yang dimiliki yang diamini oleh warga pedagang pasar. Hingga awal Desember 2018 keluarga pemilik tanah lahan sengketa memblokade jalan masuk Pasar Beteleme.

Sejumlah perwakilan pejabat pemda bersama 10 anggota lintas komisi DPRD Morut tinjau lokasi pasar. Tak pernah memperoleh hasil penyelesaian, kembali pemilik lahan didampingi tim kuasa hukum oleh ketua tim, Yanis Mesepi dihadapan Komisi I Hukum dan Pemerintahan mengatakan, “kasus sengketa lahan Pasar Beteleme yang sudah melewati waktu cukup panjang telah berpuluh tahun terbengkalai harus terselesaikan pada Jumat (01/02/2019), kalau tidak kami siap tinggal di ruang komisi DPRD ini!”, ancam Mesepi.

Dalam dengar pendapat yang terjadi perbincangan cukup alot dipimpin oleh Melky Tangkidi dan anggota Moh. Monde Laega, I Made Karsana dan Molter P. Suade menghasilkan dua keputusan, yakni meminta kepada pemerintah daerah dan pihak pemilik lahan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lokasi Pasar Beteleme dan merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk menindaklanjuti lahan Pasar Beteleme sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here