Home Sulteng

Prioritaskan Gangguan Kamtibmas

281
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Harianto, M.Si saat memberi keterangan kepada wartawan. (Foto: Sulapto/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Harianto, M.Si, mengatakan selaku pejabat baru, tentunya mempunya skala prioritas, yaitu pengelolaan gangguan kamtibmas dan meneruskan kebijakan dari penerusnya.

“Yang menjadi skala prioritas dalam tugas pokok kepolisian adalah mengelola gangguan kamtibmas. Secara ekspilisit sudah bisa saya lihat terutama gangguan kamtibmas yang menonjol,” kata Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Harianto, kepada wartawan, usai acara serah terima Pataka Wira Dharma Brata Polda Sulteng, Senin.

Kapolda katakan, kamtibmas yang menonjol di Sulawesi Tengah ini, diantaranya adalah kejahatan di jalan seperti curanmor, narkoba dan curas.

“Jadi target kita adalah kejahatan-kejahatan yang merasahkan masyarakat, dan ini harus dikelola dengan baik,” katanya.

Penganti Brigjen Pol Ermi Widyatno ini katakan, yang paling berat dan tangangan tugas kepolisian saat ini adalah mengelola masalah-masalah sosial pasca bencana alam gempa bumi tsunami dan likuefaksi yang terjadi beberapa bulan lalu menimpa Palu, Sigi dan Donggala.

“Itu adalah persoalan sosial yang sangat kongkrit depan mata kita. Saya selaku aparat keamanan terutama Polri yang dibantu TNI akan mengelola ini dengan baik. Kita deteksi sedini mungkin, tempat sudah jelas, banyak sudah jelas masyarakat yang jadi korban,” ujarnya.

“Ini bagi saya yang signifikan yang harus kita fokus semua pihak untuk bisa mengelola bagaimana percepatan pemulihan. Karena kasihan saudara-suadara kita yang di pengungsian, ini yang harus kita kelola dan paling jadi tantangan,” sambungnya.

Selanjutnya, kata mantan Waka Polda Kalimantan Timur ini, berkaitan dengan sandi operasi Tinombala masalah terorisme yang ada di wilayah Kabupaten Poso yang sampai saat ini sejumlah pelaku masih diburu.

“Masalah terorisem yang ada di Poso itu sudah ada sandinya pasti harus kita kerjakan, dan ini perintah yang harus kita tuntaskan,” tegasnya.

Kemudian kata dia, skala prioritasnya selanjutnya terkait dengan pesta demokrasi yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota legislatif yang dalam waktu dekat ini akan segera pelaksanaannya.

“Pileg Pilpres ini sandinya Mantap Brata kita harus kelola dengan baik. Endingnya adalah aman damai dan sejuk,” tandasnya.

Reporter: Sulapto
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas