Home Sulteng Disdukcapil Gencar Cetak e-KTP

Disdukcapil Gencar Cetak e-KTP

176
Abd Haris Yotolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se Sulteng tengah gencar melakukan pencetakan e-KTP. Tujuannya agar masyarakat bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu Legislatif dan Presiden pada April mendatang.

“Kami juga melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dan lembaga pemasyarakatan dengan membuka pelayanan rekam dan cetak e-KTP,” ungkap Kepala Disdukcapil Sulteng Abd Haris Yatolembah kepada Metrosulawesi, Rabu, 6 Februari 2019.

Dia mengungkapkan saat ini masih terdapat ribuan masyarakat yang harus memiliki e-KTP sebelum pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden. Olehnya Disdukcapil se Sulteng menggencarkan pencetakan e-KTP.

“Kalau terkait stok blanko e-KTP saya pastikan tidak ada masalah. Saat ini masih ada 3.000 keping ditambah 3.000 keping lagi yang akan dibawa Sekretaris Disdukcapil Sulteng besok (hari ini). Jadi stok blanko e-KTP masih ada 6.000 keping,” ujar Haris.

Mantan Kepala Biro Hukum Setdaprov Sulteng itu menerangkan pihaknya juga baru mendistribusikan blanko e-KTP ke Disdukcapil kabupaten/kota. Jumlah blanko yang didistribusikan 500 keping sampai 1.000 keping.

“Di Jakarta juga masih ada stok kita, cuma tidak bisa langsung dibawa karena berat sekali,” ucapnya.

Fokus target pencetakan e-KTP dikatakan berada di Banggai Kepulauan (Bangkep) yang harus digenjot perekaman dan pencetakannya. Haris mengatakan ia telah memberangkatkan dua orang petugas membantu pelayanan e-KTP di Bangkep.

“Saya sudah turunkan dua orang ADB, Insya Allah satu minggu nanti sudah tuntas itu,” kata Haris.

Sementara untuk Kota Palu, Disdukcapil memfokuskan perekaman dan pencetakan e-KTP kepada masyarakat peserta padat karya. Itu karena peserta padat karya harus memiliki e-KTP sebagai persyaratan menerima upah non tunai melalui transfer bank. Kepada masyarakat umum, Haris kembali mengimbau agar proaktif mendatangi Disdukcapil kabupaten/kota melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP.

“Saya juga berharap kepada semua pihak mulai dari LSM, Partai Politik dan elemen masyarakat lainnya agar mengingatkan keluarganya mengurus dokumen kependudukan,” tandas Haris.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here