Home Hukum & Kriminal

500 Pidana Umum Disidangkan di PN Palu

218
Lilik Sugihartono, SH. (Foto: Metrosulawesi/ Sulapto)

Palu, Metrosulawesi.id – Perkara yang paling banyak disidangkan di Pengadilan Negeri Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) sepanjang tahun 2018, didomisasi tindak pidana perkara umum.

“Kalau untuk sidangnya rata, tapi yang kalau untuk kasus Pidum (Pidana Umum) yang disidangkan sepanjang tahun 2018 mencapai lima ratusan. Belum yang lain seperti tipikor dan PHI,” kata Lilik Sugihartono, Rabu.

Untuk kasus tipokor kata Lilik, ada juga yang pernah disidangkan di Pengadilan Negeri Palu sepanjang tahun 2018. Namun, dia lupa berapa tepat jumlah sidangnya.

Sementara untuk perkara kasus PHI kata Lilik, di tahun 2018 ada beberapa kasus yang pernah di sidang di Pengadilan Negeri Palu, terkait dengan persoalan perusahaan dan pegawai/karyawannya.

“Untuk kasus perselisihan antara karyawan dengan perusahaan ada juga di sidangkan di sini (PN Palu,red) di tahun 2018, Cuma saya lupa berapa jumlah kasusnya dan darimana,” katanya.

Humas Pengadilan Negeri Palu ini katakan, cukup banyak sidang perkara PHI di PN Palu, dikarenakan persoalan antara perusahaan dengan karyawan terjadi tidak hanya di kota Palu, melainkan dari beberada daerah wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Lumayan banyak yang disidangkan terkait kasus PHI ini, ada puluhan lebih. Itukan dari seluruh Sulawesi Tengah, seperti contoh jika ada masalah dengan perusahaan di Tolitoli atau di Buol sidangnya di sini (PN Palu),” paparnya.

Lilik mencontohkan bisa cukup banyaknya sidang PHI di Pengadilan Negeri Palu, misalnya karena ketidakpuasan dari karyawan terhadap perusahaan atau terjadi pemutusan hubungan kerja, akan tetapi hak-hak karyawan tidak dipenuhi seperti pemberian pesangon dan hak lainnya.

Reporter: Sulapto
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas