Home Ekonomi

5 Nasabah BPR Palu Anugerah Ajukan Kredit Baru

855
Suasana pelayanan di kantor BPR Palu Anugerah. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Lima nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palu Anugerah mengajukan kredit baru pasca bencana Sulaw3esi Tengah, 28 Septenber 2018 lalu.

Direktur BPR Palu Anugerah, Yoven mengatakan total dana kredit mulai Januari 2019 yang telah disalurkan sebanyak Rp200 juta . Sedangkan, penangguhan kredit bagi debitur maksimal hanya selama enam bulan.

“Dana yang kami salurkan bervariasi mulai modal usaha maupun dan konsumtif. Kalau untuk keringanan kredit pasca bencana tergantung dari masalah dan kondisi nasabah,” katanya, Rabu 6/2/2019.

Sementara itu, jumlah nasabah BPR Palu Anugerah sekitar 600 orang dari wilayah Palu, Sigi dan Donggala. Namun, bila nasabah yang terdampak parah akibat bencana. Maka, phaknya akan menambahkan restrukturisasi kepada debitur. Selain itu, pihaknya melihat kondisi seberapa besar kasus yang dihadapi debitur pasca bencana.

“Relatif tergantung dari nasabah jika mereka melaporkan belum mampu untuk membayar kredit kita akan bantu perpanjang lagi. Di karenakan kesempatan ini sampai tiga tahun yang diberikan sesuai dengan kesepakatan dan peraturan OJK,” ujarnya.

Dia mengakui seperti debitur di wilayah Petobo, Balaroa dan pesisir pantai langsung sekaligus diberikan restrukturisasi atau perpanjangan pembayaran kredit. Sementara, menurutnya di tahun kemarin penyaluran kredit tidak mencapai target.

“Target cukup lumayan hanya saja terganggu dengan bencana. Yang pasti semua bank merasakan hal itu tidak mencapai target karena tidak ada penagihan dan tidak ada pencarian. Untuk tahun ini cukup lumayan kita naikan target penyaluran kredit lebih ekspansi ke luar daerah,” sebut Yoven.

Lebih lanjut dia mengatakan sesuai dengan tiga kantor cabang BPR Palu Anugerah yang ada di daerah Kabupaten Poso, Banggai dan Parigi Moutong. Sementara, Yoven menjelaskan kantor cabang yang tiga daerah tersebut cukup baik pencapaian dan penyaluran kredit.

“Pencapaian untuk Kabupaten Poso 100 persen, Luwuk 80-90 persen dan untuk Parigi Moutong sekitar 80 persen. Maka, dari itu kami suka melakukan ekspansi ke luar daerah.

Di menambahkan pihaknya memberikan kredit dalam bentuk Modal Kerja, Kredit Investasi dan Kredit Konsumtif. Dengan jaminan BPKB Kendaraan roda 2/4, SHM, Sertifikat PNS 80 % dan Sertifikat PNS 100%.

“Deposito (Simpanan berjangka dengan suku bunga menarik).Pilihan jangka waktu penempatan yaitu : 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Sedangkan, Tabungan (bebas administrasi bulanan), jenis tabungan : Tabungan Umum, Tabunganku, Tabungan SiaGa dan Tabungan Jempol Plus,” tambahnya.

Ia berharap agar ke depan Palu, Sigi dan Donggala bisa cepat pulih dari bencana agar perekonomian kembali berjalan seperti biasa.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas