Home Sulteng

Kapolda Baru Sulteng Berharap Kerjasama

365
BARU DAN LAMA - Kapolda Sulteng, yang baru Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto (kanan) bersama Brigjen Pol Ermi Widyatno, mantan Kapolda Sulteng di sela acara serah terima Pataka Wira Dharma Brata Polda Sulteng di halaman Mapolda Sulteng, Senin 4 Februari. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

  • Diingatkan soal Situasi Sulteng Jelang Pemilu

Palu, Metrosulawesi.id – Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Lukman Wahyu Harianto, mengharapkan kerjasama dari semua pihak, baik jajaran Polda Sulteng, masyarakat dan semua elemen di Sulawesi Tengah.

“Sehingga selama kami di sini antara Polda dengan masyarakat dapat bersama-sama bekerja saling bahu membahu untuk selalu berbuat yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara dalam memberi pelayanan pengayoman dan perlindungan,” katanya kepada wartawan usai acara serah terima Pataka Wira Dharma Brata Polda Sulteng, dalam acara khusus di halaman Mapolda Sulteng, Senin 4 Februari.

Penegakan hukum kata Kapolda, adalah upaya dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Sulawesi Tengah, sesuai dengan amanah undang-undang.

Kapolda Lukman, mengaku akan memprioritaskan mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah penugasannya. 

“Skala prioritas dalam tugas pokok kepolisian adalah mengelola gangguan kamtibmas. Secara ekspilisit sudah bisa saya lihat terutama gangguan kamtibmas yang menonjol,” kata Lukman.

Gangguan kamtibmas yang menonjol di Sulawesi Tengah di antaranya yakni kejahatan di jalan seperti curanmor, narkoba dan curas.

“Target kita adalah kejahatan-kejahatan yang meresahkan masyarakat, dan ini harus dikelola dengan baik,” tambahnya. 

Tugas dan tangangan kepolisian saat ini katanya, adalah mengelola masalah-masalah sosial pascabencana alam gempa bumi, tsunami dan likuefaksi yang terjadi beberapa bulan lalu menimpa Palu, Sigi dan Donggala serta Parigi Moutong. 

“Itu adalah persoalan sosial yang sangat kongkrit depan mata. Selaku aparat keamanan terutama Institusi Polri dibantu TNI akan mengelola ini dengan baik. Kita deteksi sedini mungkin, tempat sudah jela dan saat ini sudah banyak masyarakat menjadi korban,” ujarnya.

Mantan Wakapolda Kalimantan Timur itu juga sempat menyinggung Operasi Tinombala memburu DPO terorisme yang tergabung dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso. 

“Masalah terorisme di Poso sudah ada sandinya pasti tetap kita kerjakan dan ini perintah yang harus kita tuntaskan,” tegasnya.

“Kepada Brigjen Pol Brigjen Pol Ermi Widyatno MM, saya menyampaikaan terima kasih dan penghargaan setingginya atas kepemimpinan selama ini di Polda Sulteng, dan selamat atas jabatan baru sebagai Karo Pembinaan Baharkam Polri,” ujarnya.

Sementara itu, mantan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ermi Widyatno MM, mengingatkan Kapolda baru Brigjen Pol Drs Lukman Wahyu Harianto MSi, situasi Sulteng menjelang pemilu bulan April mendatang.

“Beban tanggung jawab yang akan bapak emban di masa-masa yang akan datang akan semakin komplek, terlebih lagi dengan waktu yang tidak lama lagi akan menghadapi pesta demokrasi dalam rangka pemilihan presiden wakil presiden, dan pemilihan legislatif,” kata Ermi Widyatno.

Tentunya kata Ermi, dengan ada pesta demokrasi yang bakal dilaksanakan 17 April 2019 mendatang, aparat keamanan dan semua pihak akan membutuhkan kerja ekstra untuk menyukseskan acara tersebut.

“Namun saya yakin dengan kemampuan dan kapabilitas dan pengalaman yang bapak miliki akan dapat mengemban seluruh amanah ini dengan baik sebagai mana yang diharapkan seluruh masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Kondisi Sulawesi Tengah, kata Brigjen Pol Ermi, khususnya Palu, Sigi dan Donggala pascagempa tsunami dan likuefaksi sampai dengan saat ini masih mengalami trauma dan kesulitan, baik dalam berkaitan dengan tempat tinggal, pekerjaan maupun yang lainnya.

“Kondisi yang memprihatikan pascamusibah ini tentunya memerlukan kehadiran kepolisian yang dapat membantu pemerintah daerah dalam tahap pemulihan,” katanya.

“Saya mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada bapak. Saya juga mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih atas partisipasi kekompakan, keharmonisan dan kebersamaan serta dukungan rekan-rekan personil Polda Sulteng selama perjalanan pengabdian jadi Kapolda Sulteng,” katanya.

Acara serah terima Pataka Wira Dharma Brata Polda Sulteng ini dihadiri dan disaksikan para pejabat utama Polda Sulteng, seluruh jajaran Polres, PNS Polda Sulteng dan tamu undangan dari pihak terkait.

Reporter: Sulapto
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas