Home Donggala

Incinerator Rusak, Sampah RS Kabelota Dibuang ke Karawang

286
SAMPAH MEDIS - Tampak sampah medis yang akan diangkut ke Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Karawang. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Setelah lama mengendap dan sempat meresahkan limbah atau sampah medis RS Kabelota akhirnya diangkut ke Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Karawang. Proses pengangkutan sampah medis “antar provinsi” dilakukan karena fasilitas pemusnah sampah medis (incinerator) di RS Kabelota rusak sejak tahun 2017.

Kepala Rumah Sakit Kabelota Dr Syahriar yang dikonfirmasi di kantornya Kamis 31 Januari 2019 mengakui, banyaknya limbah medis di rumah sakit tersebut. Bahkan katanya lagi sejak ditunjuk menjadi plt RS kabelota menggantikan Ahmadi, sampah medis bukan rahasia umum lagi dan memang tidak bisa ditutup-tutupi.

“Saya ini pak tidak mau menyembunyikan yang salah, sebelum saya masuk memang kondisi Rumah Sakit Kabelaota seperti ini. Sampah medisnya banyak dikarenakan alat incenerator (mesin pemusnah sampah) Kabelota rusak. Jadinya harus dicarikan jalan keluar salah satunya bermitra PT Tenang jaya Sejahtera asal Kabupaaten karawang yang memang tupoksinya melakukan pemusnahan limbah medis,” katanya.

Sementara itu, Marketing PT Tenang Jaya Sejahtera Onal yang ditemui di RS Kabelota siang kemarin (31/1) menjelaskan dia baru pertama kali masuk Donggala melakuakn aktivitas pengangkutan limbah medis.

“Kami perusahaan dari Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat memang bergerak dalam pengangkutan dan pemusnahan limbah medis, jadi yang kami angkut sekarang akan kami terbangkan ke Karawang untuk dimusnahkan. Dan ini adalah pekerjaan perdana kami di Donggala,” tegasnya.

Disinggung berapa nominal kerjasama dalam pemusnahan limbah medis onal menjawab perusahaannya belum memungut biaya, RS Kabelota digartiskan.

“Pemda atau RS Kabelota tidak mengeluarkan satu rupiah untuk proses pemusnahan limbah medis yang kami kelola. Sifatnya promosi, kami menghidupi sendiri operasional pengangkutan limbah hingga ke Kabupaten Karawang,” tuturnya.

Jumlah sampah medis milik RS Kabelota yang diangkut sebanyak 4,622,74 kilogram.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas