Home Sulteng

Diresmikan, Pasar Pasokan Habiskan Rp2,8 Miliar

239
Bupati Touna Mohammad Lahay, SE, MM, menggunting pita saat peresmian pasar di desa Pasokan, wilayah Kepulauan Togean. Kamis 31 Januari 2019. (Foto: Dok Humas Pemda)

Touna, Metrosulawesi.id – Bupati Tojo Unauna (Touna) Mohammad Lahay, SE, MM, meresmikan pasar rakyat di wilayah Kepulauan Togean.

“Pemerintah Daerah Touna melalui dinas perindustrian dan perdagangan ikut mendapat bagian dalam pembangunan pasar rakyat, baik melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK) maupun APBN,” kata Bupati Touna, dalam sambutannya saat peresmian pasar rakyat di desa Pasokan, Kecamatan Walea Besar, Kepulauan Togean, Kamis 31 Januari 2019.

“Pasar rakyat Pasokan direvitalisasi melalui anggaran dana alokasi khusus dari Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp.2.832.800.000,- tahun 2018,” tegas Bupati.

Olehnya, ungkap Bupati Touna itu, pemerintah berharap fasilitas sarana perdagangan berupa pasar rakyat yang telah dibangun dan diresmikan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor perdagangan.

Adanya pasar rakyat itu, kata dia, bisa mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari yang tentunya dengan harga yang terjangkau.

Bupati katakan, pemerintah daerah melalui dinas terkait akan terus berupaya melengkapi fasilitas yang dibutuhkan pasar sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Hingga saat ini ada yang masih terus digenjot pembangunannya untuk melengkapi sarana dan prasarana agar bisa dimanfaatkan oleh para pedagang,” katanya.

Pasar rakyat ini kata Mohammad Lahay, para pedagang tidak lagi menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan yang bisa mengganggu ketertiban dan penguna jalan.

“Pemerintah telah menyediakan menyiapkan wadah dalam sebuah pasar yang lebih representatif. Pasar ini bisa juga digunakan untuk multi fungsi untuk kebutuhan masyarakat tanpa dipungut biaya,” ungkapnya.

Bupati dari Partai Nasdem ini katakan, pemerintah daerah Kabupaten Touna saat ini telah memiliki 49 pasar rakyat yang terdiri dari pasar desa, pasar kecamatan serta pasar tradisional modern.

Hadir dalam peresmian pasar rakyat ini Kadis Perindag, Kaban Bappeda, Asisten III, Staf Ahli Bidang Keuangan, Sekretaris Dinas Perekonomian, Kabag Pembangunan, Kabag Humas Pemda Touna, pemenang tender proyek pasar pasokan, Camat, kepala Desa, masyarakat dan para pedagang.

Reporter: Sulapto
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas