Home Pendidikan SDN 2 Biromaru Dibangun Kembali

SDN 2 Biromaru Dibangun Kembali

61
TINJAU - Wakil Bupati Sigi Paulina didampingi sekprov Sulteng Hidayat Lamakarate dan walikota Cilegon Edi Ariyadi meninjau site plan pembangunan SDN 2 Biromaru usai peletakan batu pertama, Rabu, 30 Januari 2019. (Foto: Dok Humas)
  • Wabup, Sekprov, dan Walikota Cilegon Ikut Peletakan Batu

Sigi, Metrosulawesi.id – Wakil Bupati Sigi Paulina Martono SE MSi, melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung SDN 2 Biromaru, di Desa Mpanau, Rabu, 30 Januari 2019.

Pembangunan kembali Sekolah ini akibat bencana lalu, atas bantuan pemerintah kota Cilegon, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, dan bantuan dari PT Krakatau posco. Donasi pembanguan kembali SDN 2 biromaru Senilai Rp.1.603.200.00 (Satu miliar enam ratus tiga juta dua ratu ribu rupiah), dan rencana penyelesaian pembangunan gedung sekolah SDN 2 Biromaru dalam kurun waktu 3 bulan ke depan.

Hadir dalam peletakan batu pertama itu, Plt Walikota Cilegon Drs H Edi Ariyadi M.Si, Sekretaris provinsi sulawesi tengah Drs.Hidayat Lamakarate M.Si (Selaku ketua PMI Sulteng), Mewakili pimpinan PT.krakatau Posco Andi Soko Setia Budi, Ketua PMI kota Cilegon Abdul Hakim Lubis, Ketua PMI kabupaten sigi Drs .H. Mohammad Agus Lamakarate SP.M.Cs, Wakil ketua PMI kota Tanggerang Asep Yuliarto SH.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Paulina mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan dianggap sangat penting agar peserta didik mendapatkan pendidikan yang lebih baik, guna untuk menunjang dalam peningkatan kualitas pendidikan yang lebih maju.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah daerah kami mengucapkan ucapan terima kasih, dan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan adanya bantuan yang di berikan oleh Pemerintah kota cilegon yang bekerjasama dengan PT. krakatau dan palang merah Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Direktur PT krakatau Posco, Andi Soko mengatakan, Krakatau Posco bersama dengan pemerintah kota cilegon telah melaksanakan pengalangan dana, dan tujuan dari penggalangan dana tersebut adalah untuk meringankan beban suadara-saudara yang terkena bencana di sulawesi tengah, khususnya di kabupaten Sigi ini.

“Melalui dengan di adakannya pembangunan sekolah ini diharapakn agar kegaiatn belajar mengajar terus berlangsung, dan anak-anak didik mendapat fasilitas pendidikan sebagaimana mestinya,” terangnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Wakil Bupati Paulina. Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate mengatakan, Pemerintah provinsi berterimakasih kepada pihak terkait dalam hal ini PT. krakatau Pasco, PMI kota Cilegon, PMI kota tangerang, Pemrintah Kota cilegon dan PMI Sigi yang bukan hanya memberi bantuan kepada kabupaten sigi. Tetapi juga memberikan bantuan di empat daerah yang berdampak bencana, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

BATU PERTAMA – Sekretaris Daerah Mohamad Hidayat mewakili Gubernur Sulteng melakukan peletakan batu pertama pembangunan kemabali SDN 2 Sigi, Rabu, 30 Januari 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Dalam hal pemulihan pasca bencana juga, kata Hidayat, PMI diharapkan agar menjadi garda terdepan di daerah -daerah yang berdampak bencana ini.

“Sebab perbaikan sarana dan prasana yang rusak akibat gempa adalah hal yang sanagt penting, demi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung seperti semula,” ungkapnya.

Selanjutnya Sambutan Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi mengatakan, Pemerintah Kota Cilegon, masyarakat Kota Cilegon dan termasuk kalangan industri cilegon menyampaikan rasa keprihatianan serta duka yang mendalam akibat terjadinya musibah gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di Sigi.

Edi menambahkan, sebegai rasa kepedulian Pemerintah kota cilegon, dengan melakukan donasi dari masyarakat baik berupa uang atau barang yang bertujuan untuk meringankan beban dari masyarakat yang tertimpa musibah tersebut.

“Olehnya sebagai tindak lanjut, pemerintah cilegon menyurat ke pemerintah kabupaten sigi untuk memberi bantuan pembangunan kembali infrastruktur pendidikan di kabupaten sigi, dan wujud kesepakatan tersebut adalah pembanguann kembali gedung SDN 2 biromaru,” pungkasnya.

Hidayat yang juga Ketua PMI Sulteng menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Walikota Cilegon Provinsi Jawa Barat. Sekdaprov juga menyampaikan kesyukurannya atas nikmat kekuatan dan kesehatan sehingga berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan SD Negeri 2 Sigi-Biromaru.

“Atas nama pemerintah provinsi, saya menyampaikan salam hormat dan salam hangat dari bapak gubernur. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Cilegon dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi membantu membangun SD Negeri 2 Sigi,” ucap Hidayat.

Hidayat juga menyampaikan penghargaan karena begitu banyaknya orang datang memberikan bantuan guna memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat bencana pada 28 September 2018.

“Kalau dulu bangunan sekolah ini kelihatan sudah tua, alhamdulillah hari ini kita bersyukur kepada Allah karena Pemerintah Cilegon bersama-sama PT Krakatau Posco dan PMI berpartisipasi bersama-sama pemerintah membangun sekolah ditandai dengan peletakan batu pertama yang rencananya tuntas tiga bulan kedepan,” tandasnya.

Reporter: Firmansyah Badjoki, Michael Simanjuntak
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here