Home Ekonomi

Pemprov Dukung Pemanfaatan Teknologi Kembangkan UMKM

190
Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah, Imran saat memberikan penghargaan kepada salah satu peserta. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mendukung sepenuhnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu perkembangan UMKM di daerah ini.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah, Imran dalam sambutannya mengatakan pemerintah,BUMN dan lembaga swasta yang kerap melakukan pembinaan dan pendampingan pelaku usaha. Terus mendorong ekonomi dan UMKM dalam hal pemanfaatan teknologi diera digital.

“Kegiatan ini saya anggap sukses, tapi kita belum bisa berbangga diri bahwa masih perlu implementasi. Karena dalam program kegiatan pelatihan Bimtek ini merupakan program unggulan dari kami,” katanya, Rabu 31/1/2019.

Menurutnya, tidak bisa lagi wirausaha menghindari zaman yang semakin maju terkait kemajuan teknologi. Lanjut dia, ketika ingin bersaing dalam memperkenalkan sebuah produk. Maka, UMKM harus mengetahui teknologi informasi dan komunikasi.

“Pemerintah saja sekarang telah memakai sistem online dari itu perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan sampai dengan pelaporan semua sudah pakai sistem digital,” ujarnya.

Lebih lanjut Imran mengatakan, apalagi sebagai pelaku usaha ekonomi, tentu ketika harus bersaing tidak ada kata lain harus menggunakan IT dalam memasarkan produk-produk unggulan.

“Penutupan Bimtek Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi (IT) Bagi Usaha Kecil. Maka, saya berharap para peserta bisa menerapkan apa yang telah mereka dapatkan di sini,” harapnya.

Oleh karena itu, kata Imran, menerangkan sangat disayangkan bila peserta tidak menggunakan waktu sebaik- baiknya dan menyerap ilmu yang telah diberikan para pemateri dari RKB Telkom.

“Kita sudah upaya datangkan yang ahli, punya keterampilan dan mempunyai kompetensi dalam bidang itu. Maka, peserta harus pergunakan waktu pelatihan ini,” katanya.

Bimtek Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi (IT) Bagi Usaha Kecil dilaksanakan sejak tanggal 28 hingga 31 Januari 2019 dan menghadirkan sebanyak 30 peserta Kabupaten dan kota.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas