Home Sigi

Kemensos Salurkan Rp1, 2 Miliar Peralatan Dapur Huntara

307
BANTUAN - Warga Sibalaya menjadi korban bencana likuifaksi lalu mendapat bantuan dari Kemensos, yang diserahkan wakil bupati sigi Paulina, Selasa, 29 Januari 2019. (Foto: Dok Humas)

Sigi, Metrosulawesi.id – Warga Sibalaya Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menerima bantuan isi Hunian Sementara (Huntara) dari Kementerian Sosial RI untuk tahap pertama, Selasa, 29 Januari 2019.

Mewakili Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Direktur Jenderal Perlindungan, dan Jaminan Sosial Harry Hikmat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Ridwan Mumu, bertempat di lokasi Huntara Desa Sibalaya Selatan, Kabupaten Sigi.

Turut hadir menyaksikan penyerahan bantuan adalah Wakil Bupati Sigi Paulina Martono SE MSi, Area Head Bank Mandiri Area Palu Bambang Indriatmoko, Direktur Perlindungan dan Jaminan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Margowiyono.

“Bapak Presiden Joko Widodo selalu memerhatikan penanganan warga terdampak bencana. Berkali-kali beliau hadir di Sulteng untuk melihat langsung proses penanganan warga terdampak bencana tsunami, gempa bumi dan likuifaksi. Khusus untuk Kemensos diberikan tugas melakukan percepatan pemulihan kebutuhan dasar,” ungkap Agus Kumilang kepada wartawan di Sigi.

Dirjen Agus mengatakan dengan selesainya pembangunan huntara dan warga berpindah dari tenda pengungsian ke huntara, maka tugas Kementerian Sosial adalah memberikan isi hunian sementara.

Bantuan isi huntara terdiri dari 1.000 Peralatan Dapur Keluarga senilai Rp1.284.608.000, 1.000 Paket Foodware senilai Rp395 juta, dan 1.000 paket Family Kit senilai Rp480 juta. Bantuan ini selanjutnya didistribusikan ke Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong. Untuk Kabupaten Sigi, bantuan diserahkan kepada warga di huntara yang dibangun oleh Bank Mandiri.

Pada kesempatan ini Dirjen juga menyerahkan tali asih untuk personel Tagana pada masa transisi darurat sebesar Rp193.500.000, saru unit Mobil Layanan Dukungan Psikososial (LDP) keliling senilai Rp599.613.600 untuk anak-anak di Sulteng, serta satu unit Motor Water Treatment kerjasama Kementerian Sosial dan CPI Japan.

Area Head Bank Mandiri Area Palu Bambang Indriatmoko mengatakan sebanyak 250 unit huntara dibangun di atas tanah yang telah disiapkan Pemkab Sigi. Terdiri dari 100 unit di Desa Sibalaya Selatan dan 150 unit ada di Desa Kabobona, Kecamatan Dolo.

Pembangunan huntara di Desa Sibalaya Selatan mulai 15 Oktober dan selesai pada 29 Oktober 2018. Melengkapi huntara tersebut, perusahaan BUMN ini juga membangun sekolah, aula warga, fasilitas MCK, dan lapangan bulutangkis. Huntara berukuran 4,8 x 4,8 meter ini telah dilengkapi dengan sarana air bersih, ventilasi, listrik, dibuat dari bahan baja ringan.

“Kami membangun dalam waktu yang secepat-cepatnya agar masyarakat segera dapat dipindahkan dari tenda ke huntara,” katanya,” terangnya.

Sementara itu ditemui usai menerima bantuan, Ibu Huzaima (53) mengaku bersyukur selama tiga bulan terakhir ia sudah menempati huntara terlebih ada bantuan perlengkapan dapur dari Kemensos.

“Bantuan ini sangat berarti bagi ibu-ibu. Memasak menjadi penghiburan bagi kami semenjak bencana gempa bumi terjadi,” katanya perempuan berjilbab ini.

Ia kehilangan rumah beserta seluruh isinya karena bencana gempa bumi dan likuifaksi. Meski demikian ia tetap bersyukur karena suami dan anaknya selamat.

“Saya sehari-hari mengajak ibu-ibu pengajian. Biasanya sore hari. Kadang kami mengundang penceramah untuk memberi siraman rohani dan membesarkan hati mereka,” tutur perempuan yang tinggal di huntara Blok BC ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Sigi Paulina mengatakan di wilayahnya terdapat 15 kecamatan dan sebagian besarnya terdampak gempa dan likuifaksi.

“Masyarakat kami yang di huntara 7000 lebih KK nanti secara bertahap akan masuk huntap,” katanya.

Selama masa tanggap darurat hingga sekarang, bantuan dari pemerintah pusat, pemprov hingga dunia usaha dan NGO terus mengalir.

“Terima kasih atas perhatian semua pihak kepada warga Sigi. Bantuan-bantuan ini akan kami kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk warga terdampak bencana,” katanya.

Reporter: Firmansyah Badjoki
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas