Home Palu

Untad Segera Miliki SPBU

781
Ilustrasi SPBU Modular. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) dalam waktu dekat segera memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Modular. SPBU tersebut diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan BBM mahasiswa, dosen dan pegawai di lingkungan Untad.

“Pembangunan SPBU Modular bekerjasama dengan Pertamina yang saat ini sedang dalam proses pengurusan izin,” ungkap Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Untad Prof Dr Mahfudz MP kepada Metrosulawesi, Senin, 28 Januari 2019.

Prof Mahfudz yang juga selaku kandidat calon Rektor periode 2019-2023 mengatakan rencananya lokasi SPBU Modular akan dibangun dilahan kosong yang berada di depan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untad. Rencana pembangunan SPBU sendiri dirintis oleh Rektor Untad Prof Dr Ir Muh Basir Cyio SE MS sejak tahun 2018 lalu.

“Sejak tahun 2018 lalu pak Rektor sudah menyelesaikan kesepakatan kerjasamanya dengan Pertamina. Pembangunan SPBU sepenuhnya ditanggung Pertamina, Untad hanya menyiapkan lahan,” ucapnya.

Sebagai salah satu kandidat calon Rektor, Prof Mahfudz berniat apabila mendapat kepercayaan memimpin Untad akan memastikan SPBU bisa dinikmati civitas Untad. Hal tersebut telah diungkapkannya saat pemaparan visi misi dan program kerja sebagai kandidat calon Rektor Untad. SPBU Modular menjadi salah satu dari sejumlah program kerja yang akan dilakukan Prof Mahfudz jika terpilih sebagai Rektor Untad menggantikan Prof Basir Cyio.

Prof Mahfudz menjelaskan SPBU Modular nantinya akan melayani pengisian BBM premium dan pertalite. Namun harga BBM di SPBU Modular Untad sama dengan pengisian bahan bakar lainnya di Kota Palu.

“Kalau harga bahan bakarnya sama saja dengan SPBU Pertamina umum, cuma beda dinama SPBU-nya,” jelas Prof Mahfudz.

Dia menambahkan saat proses perizinan telah tuntas, pihak pertamina akan langsung membangun SPBU Modular di Untad. Keberadaan SPBU Modular dikatakan akan menjadi sumber pendapatan baru bagi Untad yang telah berstatus Badan Layanan Umum (BLU) sejak beberapa tahun terakhir.

“Insya Allah kalau SPBU Modular sudah beroperasi paling tidak akan menjadi sumber pendapatan bagi BLU kita ,” tandas Prof Mahfudz.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas