Home Palu

Kampanye “Ayo Kembali ke Sekolah” Diwarnai Ragam Pertunjukan

196
Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu pada 2 Februari 2019 akan menggelar kampanye “Ayo Kembali ke Sekolah”. Kampanye tersebut akan digelar di Lapangan Vatulemo Palu bekerjasama dengan Save The Children (STC).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu H Ansyar Sutiadi mengungkapkan, kegiatan tersebut akan diramaikan dengan sejumlah pertunjukan guna memberikan semangat kepada peserta didik untuk kembali ke sekolah.

“Pertujukan itu diantaranya adalah dongeng, tutor dokter cilik mahir gizi, puisi literasi, musik tradisional, tarian kreasi, permainan tradisional, dan drum band. Semuanya diperankan oleh peserta didik pilihan dari sejumlah sekolah di Kota Palu, baik itu jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP),” kata Ansyar di Palu belum lama ini.

Ansyar menjelaskan, kampaye ini bertujuan untuk mengajak peserta didik kembali ke sekolah serta meminta kesediaan orang tua memperbolehkan anaknya ke sekolah.

“Karena saat ini sudah aman, sudah tidak ada lagi masalah, tidak perlu ada lagi ketakutan yang berlebihan, semuanya sudah kembali seperti semula,” ujar Ansyar.

Sebab, kata dia, saat ini masih ada sejumlah peserta didik di Kota Palu, baik SD maupun SMP belum berani kembali ke sekolah. Termasuk juga masih ada orang tua peserta didik belum berani melepas anak-anaknya di sekolah.

“Bahkan belum lama ini, salah satu group media sosial ternama di Kota Palu sempat diramaikan curhatan salah satu orang tua peserta didik, dimana anaknya ditolak mengikuti ujian susulan di salah satu sekolah di Kota Palu, karena anak tersebut kembali ke sekolah pasca musibah 28 September setelah pelaksanaan ujian semester,” jelasnya.

Ansyar mengatakan, inti dari kampanye itu adalah untuk mengajak peserta didik kembali ke sekolah. “Kondisi saat ini sudah aman, tidak ada lagi alasan anak-anak kita tidak kembali ke sekolah,” ungkapnya.

Ansyar berharap, semua kepala sekolah yang berada di bawah naungan Disdikbud Kota Palu agar berpartisipasi di kegiatan tersebut, dengan cara melibatkan semua peserta didiknya.

“Mengingat objek kegiatan ini adalah peserta didik, sehinggga keterlibatan semua peserta didik sangat penting. Di kegiatan ini juga peserta didik dapat dihibur oleh penampilan-penampilan teman-teman sebaya mereka. Selain itu, diakhir kegiatan ini akan diadakan orasi kembali ke sekolah,” tambahnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas