Home Palu

Taspen Siap Tampung Jaminan Pensiun P3K

314
Hendra. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Taspen (Persero) siap menampung program jaminan pensiun bagi Aparatur Sipil Negara jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Pimpinan PT Taspen (Persero) Cabang Palu, Hendra menjelaskan bahwa pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Pemerintah tentang P3K, menjadikan tenaga honorer setara dengan Pegawai Negeri Sipil. Hal ini sebagai solusi pemerintah bagi masa depan tenaga honorer.

“Pemerintah memiliki dua program ASN, yaitu PNS dan P3K. Untuk PNS, jaminan pensiunnya sudah ada di Taspen. Sedangkan, untuk yang non-PNS (P3K) akan ke Taspen. Sekarang lagi dibuat program pendataan,” katanya, Kamis 24/1/2019.

Ia mengatakan, pihaknya secara internal telah menyiapkan sistem administrasi terkait hal itu. Nantinya diharapkan, P3K seperti guru, tenaga kesehatan, pegawai lembaga otonom, dan pegawai di Badan Layananan Umum dapat mengikuti program ini.

“Sesuai dengan peraturan ketentuan Pasal 107 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, pemerintah memandang perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” katanya.

Kata dia, realisasi hal itu menunggu aturan pemerintah, termasuk besaran iuran yang akan ditentukan dalam program ini. Bila direalisasikan, maka pihaknya sudah siap. Kata dia, pihaknya sangat terbuka dan siap memberikan jaminan kesejahteraan bagi P3K.

“Dengan pertimbangan tersebut, Presiden Republik Indonesia telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,” ucap Hendra.

Hendra menambahkan, program yang disiapkan bagi P3K kurang lebih sama dengan PNS seperti jaminan kecelakaan kerja, kematian, dan jaminan hari tua.

“Ini masih sementara berjalan program dari pemerintah di tahun ini. Cuma yang dapat pensiun bukan kewenangan kami. Tetapi formulanya mirip dengan PNS,” ujarnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas