Home Palu

IAIN Palu Target 2.500 Maba

249
Dr Askar, MPd. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pada tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menargetkan menerima mahasiswa baru (maba) sebanyak 2.500 orang. Target ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yakni 2000 maba.

Ribuan maba itu akan diterima di 21 program studi yang ada di S1, dengan pembagian persentasi 40 persen melalui jalur SPAN-PTKIN, 40 persen dari jalur UNPTKIN, dan 20 persen dari jalur UMPTKIN.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Palu 2019/2020, Dr Askar, M.Pd, mengungkapkan, peningkatan terget tersebut dilakukan dengan sejumlah pertimbangan, diantaranya daya tampung gedung perkuliahan.

Selain itu juga kata dia, adanya ketambahan 34 dosen baru di IAIN Palu yang siap mengajar. Terlebih lagi, adanya tren peningkatan pendaftar mahasiswa baru setiap tahunnya di IAIN Palu, dimana tahun sebelumnya jumlah pendaftar tercatat sekitar 3.000 orang, sementara target hanya 2.000 orang.

“Ini sudah melewati sejumlah pertimbangan, dan kami optimis itu bisa kami penuhi, sebagaimana tahun sebelumnya, mampu kami penuhi,” kata Askar belum lama ini.

Askar berharap, musibah 28 September 2018 silam tidak mengurangi tren masyarakat mendaftar di kampus ini, mengingat musibah tersebut sama sekali tidak menjadi kendala pelaksanaan proses akademik di kampus IAIN Palu.

Proses akademik tetap berjalan sebagaimana mestinya, begitu juga dengan pelaksanaan seminar dan sebagainya.

“Tidak menjadi kendala, tetap jalan sebagaimana biasanya, karena sudah diantisipasi. Terlebih proses renovasi gedung yang terdampak musibah saat ini tengah berjalan,”jelas Ketua LPM IAIN Palu ini.

Dia mengatakan, pendaftaran penerimaan maba tahun ini akan dibuka 23 Januari 2019, setelah Launching SPAN-PTKIN oleh Kementerian Agama RI. Selanjutnya, Maret dibuka jalur UNPTKIN, mengikut jalur UMPTKIN.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas