Home Palu

Palu Kehabisan Blangko KTP

542
REKAM EKTP - Petugas melakukan perekaman e-KTP untuk seorang warga. (Foto: Dok Metrosulawesi)

  • Dukcapil Datangi Pemilih Pemula di Sekolah

Palu, Metrosulawesi.id – Pasca bencana 28 September 2018 lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu telah mencetak hampir 14 ribu kartu tanda penduduk (KTP). Banyaknya kebutuhan pasca bencana, sehingga blangko KTP di dinas tersebut habis. Hingga kini, masih ada sekitar 2.000-an lebih masyarakat yang terdata membutuhkan KTP.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dukcapil Kota Palu Alfrin Magdalena menyebut dinas yang mengurus data kependudukan itu sebelumnya telah mengantisipasi permintaan kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat untuk tahun 2019 sejak tahun lalu. Namun akibat bencana alam yang terjadi, kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat, termasuk KTP meningkat.

Tingginya permintaan pembuatan KTP menyebabkan blangko di Dukcapil Palu kosong saat ini.

“Sampai dengan saat ini mulai dengan pascagempa itu kita sudah mencetak 13 ribu sekian, sudah mendekati 14 ribu. Itu terdiri dari perekaman baru dan yang pengganti. Kebanyakan juga masyarakat yang terkena tsunami dan likuifaksi kehilangan KTP-nya itu kita cetakkan kembali,” ungkap Alfrin Magdalena, Kamis 24 Januari 2018.

Meski begitu, bagi masyarakat yang membutuhkan KTP masih akan dilayani oleh Dukcapil. Masyarakat akan diberikan surat keterangan pengganti KTP yang kekuatan hukumnya sama dengan KTP. Surat pengganti KTP ini dapat dipergunakan layaknya KTP.

Untuk blangko KTP, sebenarnya sudah tersedia di pemerintah pusat. Hanya menunggu waktu Dukcapil Kota Palu untuk mengambilnya.

“Untuk saat ini blangko yang ada di kami kosong. Kami akan berusaha dalam waktu dekat menjemput KTP itu, karena pengadaannya di pusat,” ungkap Plt Kepala Dukcapil itu.

Selain itu, Dukcapil Kota Palu juga difasilitasi oleh Dukcapil Provinsi Sulawesi Tengah untuk kebutuhan blangko KTP khusus bagi anak sekolah yang akan menjadi pemilh baru pada pemilihan umum (Pemilu) nanti.

Dukcapil Kota Palu mendatangi sekolah-sekolah untuk mendata langsung para siswa yang sudah wajib memiliki KTP untuk keperluan Pemilu. Pihak Dukcapil melakukan perekaman dan pencetakan langsung di sekolah bagi siswa yang sudah wajib memiliki KTP.

“Jadi untuk blangko yang tersedia saat ini untuk pencetakan di sekolah-sekolah itu disediakan oleh Dukcapil Provinsi,” jelasnya.

Dukcapil Kota Palu sudah mengimbau kepada siswa di sekolah-sekolah sejak November 2018 lalu untuk melakukan perekaman. Upaya untuk pemenuhan kepemilikan KTP bagi pelajar tersebut masih berlanjut hingga saat ini.

Selain itu, sebelumnya Dukcapil Kota Palu juga telah melakukan pendataan khusus bagi korban bencana di posko-posko pengungsian untuk kebutuhan kartu keluarga (KK) dan surat kelahiran untuk hak sipil anak (akte kelahiran).

Alfrin juga mengimbau akar masyarakat yang kehilangan dokumen kependudukannya atau belum memiliki, segera melapor ke Dukcapil Kota Palu. Selain itu, bagi masyarakat yang hendak merekam KTP, selain dapat mendatangi Kantor Dukcapil Kota Palu perekaman juga dapat dilakukan di Kantor Kecamatan Palu Barat maupun Palu Selatan.

Reporter: Tahmil Burhanudin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas