Home Palu

Besok, Penyaringan Calon Rektor Untad

295
Prof Hasan Basri, PhD. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Tadulako (Untad) akhirnya menemui kepastian. Proses penyaringan bakal calon Rektor periode 2019-2023 itu dipastikan akan dilaksanakan, Jumat, 25 Januari besok.

Ketua Senat Untad Prof Hasan Basri Ph.D kepastian tersebut diperoleh dari perwakilan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terkait kesiapan menghadiri proses penyaringan calon dari empat menjadi tiga. Maka, pihaknya menetapkan jadwal pada 25 Januari.

“Sudah pasti, penyaringan kita laksanakan tanggal 25 Januari ini,” ujar Prof Hasan, Rabu, 23 Januari 2019.
Ia menyebutkan, sebelum dilakukan penyaringan, empat kandidat terlebih dahulu memaparkan konsep masing-masing yang tertuang dalam visi misi.

“Paginya penyampaian visi misi, setelah salat Jumat dilanjutkan penyaringannya,” jelasnya.

Lanjut dia, setelah penyaringan tersebut, kemungkinan proses pemilihan Rektor Untad periode 2019-2023 akan diselenggarakan sebulan setelahnya, yakni pada akhir Februari 2019.

“Belum bisa kita sampaikan waktu pasti pemilihan rektor, tetapi kita bisa prediksi pelaksanaannya itu kemungkinan di akhir-akhir Februari,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Rektor Prof Muhammad Basir mengatakan penyaringan sempat terhambat karena menunggu kehadiran perwakilan pejabat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Dengan Permenristek yang baru, untuk penyaringan mendapatkan tiga calon sudah harus dihadir perwakilan menteri. Inilah yang menjadi hambatan karena saat periode saya pertama nanti saat pemilihan baru ada wakil menteri,” ujar Prof Basir.

Dia mengungkapkan Ketua Senat Untad tercatat sudah dua kali bersurat kepada Menristekdikti meminta kehadiran perwakilannya. Namun surat tersebut belum disahuti terlebih pasca Untad terdampak bencana gempabumi.

“Kita bersabar saja menunggu kehadiran wakil pak menteri. Yang pasti saya tetap akan diganti pada tanggal 5 Maret,” pungkas Prof Basir.

Seperti diketahui, saat ini ada empat bakal calon yang akan mengikuti tahap penyaringan. Keempat bakal calon tersebut yaitu Prof Dr Mahfudz MP, saat ini menjabat Wakil Rektor Untad Bidang Umum dan Keuangan. Prof Dr Jayani Nurdin M.Si, saat ini menjabat Wakil Rektor Untad Bidang Kemahasiswaan. Prof Ir Zainuddin Basri Ph.D, saat ini menjabat Dekan Fakultas Pertanian Untad dan Dr Muh Nur Ali M.Si yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas