Home Palu

1.000 Huntap Buddha Tzu Chi Segera Dibangun

1100
Contoh Huntap Buddha Tzu Chi yang akan dibangun di Kota Palu. (Foto: Ist)

*Peletakan Batu Pertama Dilaksanakan 30 Januari 2019

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam waktu dekat, di Kota Palu akan terbangun 1000 lebih Huniaan Tetap (huntap) bagi korban bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi. Bantuan ini disalurkan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Aida Angkasa saat ditemui awak media di Warkop Tungku Palu, Rabu, 23 Januari 2019 mengungkapkan pihaknya telah melakukan tahapan finalisasi pembangunan huntap tersebut dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.

“Lokasi pembangunan Huntap tersebut di belakang kampus Universitas Tadulako Palu. Tanggal 30 Januari 2019 kami bersama jajaran Pemerintah Kota Palu akan melaksanakan acara peletakan batu pertama di kawasan huntap itu,” ungkapnya.

Aida pun mengungkapkan bahwa permasalahan HGB di kawasan Huntap tersebut telah diselesaikan oleh Walikota Palu.

“Tadi Pak Walikota telepon saya, beliau dari Kementerian Hukum dan HAM bersama pemegang HGB di wilayah Huntap itu. Dan beliau bilang pemegang HGB tersebut telah bersedia menyerahkan lahannya ke negara, dan Kemenkumham sudah menyetujui untuk segera mengurus dokumen-dokumennya. Kedua belah pihak, Pemkot Palu dan pemegang HGB pun sudah melakukan penandatanganan di depan Kemenkumham. Jadi tidak ada lagi permasalahan HGB,” jelasnya.

Aida mengaku dirinya tidak tahu pasti luas lahan HGB tersebut.

“Yang pasti untuk tahap awal akan kami bangun 1000 huntap dulu. Jadi kami sebenarnya komitmen untuk membangun 3000 huntap di Palu, Sigi dan Lombok,” ungkapnya.

Aida Angkasa (tengah). (Foto: M Yusuf Bj/ Metrosulawesi)

“Jadi pembagian huntap tersebut antara Palu, Sigi dan Lombok tidak tentu, tergantung ketersediaan lahan. Namun hingga saat ini Pemda Sigi belum ada konfirmasi balik ke kami soal kesiapannya. Jadi kemungkinan besar Sigi masih dipertimbangkan untuk pembangunan huntap Yayasan Buddha Tzu Chi,” katanya.

Aida mengungkapkan, perumahan huntap dan fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti TK, SD, SMP dan kemungkinan SMA dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi.

“Untuk fasilitas umum jalan huntap akan dibangun oleh Pemerintah Kota Palu,” katanya.

Aida mengungkapkan huntap yang akan dibangun itu tipe 36.

“Jadi model huntapnya berpasang pasangan atau couple ya, dua dua rumah,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan seleksi siapa saja warga yang berhak menempati huntap tersebut.

“Kami pengalaman bangun huntap seperti ini di Aceh pasca bencana. Jadi kami akan seleksi betul-betul siapa saja warga yang akan menempati rumah itu. Jangan sampai tidak tepat sasaran. Kami bersama Pemkot Palu yang akan melakukan seleksi,” jelasnya.

“Mengapa kami bersama-sama Pemkot Palu akan melakukan seleksi ketat, karena jumlah huntap yang kami bangun ini tidak dapat menampung seluruh korban yang terdampak. Oleh karena itu kami akan betul menyeleksi warga yang akan menempati huntap tersebut,” katanya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas