Home Parigi Moutong

MTsN 1 Parigi Simulasikan UAMBN-BK

314
SIMULASI - Sejumlah siswa kelas IX MTsN 1 Parigi mengikuti simulasi UAMBN-BK, Senin, 21 Januari 2019. (Foto: Humas Kemenag Sulteng)

Parimo, Metrosulawesi.id – Menjelang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) pada bulan Maret mendatang, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Parigi menggelar simulasi UAMBN-BK.

Kepala Madrasah MTsN 1 Parigi Darsono mengungkapkan simulasi tersebut diikuti oleh siswa dan siswi kelas IX yang berjumlah 105 peserta. “Simulasi tersebut dilakukan bertujuan untuk membiasakan peserta didik dalam mengoperasikan komputer atau laptop. Selain itu mampu mengisi username maupun password dengan baik dan benar,” ujar Darsono, Senin, 21 Januari 2019.

Menurut Proktor Ujian MTs Negeri 1 Parigi Rahman, S.Pd.I simulasi tersebut mampu memberikan para siswa pemahaman tentang ujian berbasis komputer yang lebih efektif dan tidak memboros waktu ketika mengisi data saat ujian.

“Karena hanya membutuhkan konsentrasi ketika mengisi dan menginput data yang telah disediakan aplikasi, selain itu para siswa dapat mahir mengisi data. Para siswa ini terus diajarkan dalam mengisi jawaban dengan memanfaatkan waktu yang telah disediakan,” katanya.

Kata dia, untuk jadwal simulasi di selenggarakan selama tiga hari ini, dimulai dengan mata pelajaran Al Quran Hadis.

“Besok pada Selasa, 22 Januari 2019 (hari ini_red) dilanjutkan dengan mata pelajaran Fiqih dan pelajaran terakhir Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Jumlah laptop yang digunakan pada simulasi kali ini sebanyak 40 unit, simulasi yang dilakukan tiga sesi,” ujarnya.

Rahman mengatakan pelaksanaan simulasi ini tidak akan mengurangi konsentrasi siswa, sebab dalam setiap sesi ada jadwal tertentu yang telah ditetapkan oleh panitia.

“Dengan waktu yang disediakan sekitar 90 menit diharapkan mampu menjawab soal sebanyak 50 soal,” ungkapnya.

“Dengan diadakan simulasi ini diharapkan siswa-siswi mampu menguasai secara keseluruhan model aplikasi UAMBN-BK, mulai dari awal sampai selesai saat mengikuti ujian. Sehingga seluruh siswa tidak gagap ketika menghadapi UAMBN-BK pada hari ujian sesungguhnya,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas