Home Morowali

Dibantu PT IMIP, Hafizah Segera Jalani Operasi Ketiga

289
BANTUAN - Koordinator Divisi Comdev/CSR PT IMIP menyerahkan bantuan kepada Dadang, orang Hafizah. (Foto: Murad Mangge/ Metrosulawesi)

Morowali, Metrosulawesi.id – PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyalurkan bantuan kepada seorang warga Desa Dampala, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, yang didiagnosa menderita penyakit Hirschprung. Hirschprung adalah penyakit kelainan pada usus besar (kolon). Penyakit ini umumnya menyerang bayi atau bawaan sejak lahir.

Dadang Wijaya, warga Desa Dampala, Kecamatan Bahodopi, akhirnya bernafas lega. Keinginannya untuk mengobati anaknya bernama Hafizah Turrofiah (3,5 tahun) akhirnya bisa diwujudkan. Melalui program Company Social Responsibility (CSR), PT IMIP memberikan bantuan biaya pengobatan kepada Hafizah.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari perusahaan kepada warga kurang mampu yang berada di sekitar lingkar tambang kawasan PT IMIP,” kata Koordinator Divisi Comdev/CSR PT IMIP Site Morowali, Rony Presylisia.

Rony mengatakan, pihaknya tergerak untuk memberi bantuan setelah mendapat informasi dari sejumlah wartawan yang menceritakan mengenai kondisi yang dialami bayi Hafizah.

“Bayi Hafizah sendiri sebelumnya sudah dua kali menjalani pengobatan berupa operasi di Rumah Sakit Umum Wahidin di Makassar, Sulawesi Selatan. Hasil diagnose dokter, Hafizah harus menjalani operasi ketiga untuk menuntaskan proses pengobatannya. Inilah yang membuat berat karena kondisi keuangan kami tak memungkinkan untuk membiayai operasi Hafizah,” kata Dadang Wijaya,ayah Hafizah.

Dadang menceritakan, penyakit anaknya ini dialami sejak lahir. Orang tuanya merasa ada yang aneh setiap kali Hafizah tidur selalu mengejan seakan ingin BAB. Tetapi setelah diperiksa tak ada yang dikeluarkannya. Mengingat usianya yang waktu itu masih bayi, hal itu dianggap oleh orang tuanya. Barulah saat berusia kurang lebih delapan bulan, Dadang dan istrinya baru menyadari kejanggalan yang dialami anaknya.

Dadang lalu memeriksakan kondisi Hafizah ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali di Bungku. Diagnosa dokter menyimpulkan Hafizah menderita penyakit Hirschprung. Pihak RSUD Morowali menyarankan Hafizah dirujuk ke rumah sakit yang fasilitasnya lebih lengkap.

Penyakit Hirschprung adalah penyakit kelainan pada Usus Besar (Kolon), Umumnya menyerang pada bayi atau bawaan sejak lahir, bayi yang menderita penyakit Hirschprung seringkali kesulitan buang air besar karena gangguan pada sel saraf yang berfungsi mengendalikan pergerakan usus tidak berfungsi, sehingga menyebabkan feses (kotoran) terperangkap di usus.

Gangguan pada saraf ini bisa menimbulkan masalah seperti kontipasi, infeksi, pembengkakan di perut dan masalah usus lainnya. Dadang mengatakan, dengan penghasilannya yang hanya sebagai petani, sangat berat untuk mendapatkan biaya pengobatan buat putrinya. Untuk itu, pihaknya mengaku sangat berterrima kasih atas bantuan yang diberikan PT IMIP kepada anaknya.

Menurut Dadang, atas bantuan dari PT IMIP itu, dalam waktu dekat ia akan segera membawa anaknya ke Makassar untuk menjalani operasi tahap ketiga. Pihak Pemerintah Desa Dampala sendiri mengucapkan terima kasih atas bantuan PT IMIP kepada warganya yang kurang mampu.

“Kami sangat respek dan berterima kasih atas bantuan perusahaan kepada warga kami yang kurang mampu,” kata Aswan Manan, Kepala Desa Dampala.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas