Home Palu

SMPN 15 Palu Aktifkan Les untuk Persiapan UN

329
Abdul Rasyid. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 15 Palu terus melakukan ragam persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2019, diantaranya memberikan informasi awal UN kepada orang tua murid, dan pemantapan materi peserta didik kelas III melalui kegiatan belajar tambahan atau les.

Demikian dikatakan Kepala SMPN 15 Palu, Abdul Rasyid kepada Metrosulawesi belum lama ini.

“Mengenai pola pelaksanaan les sore masih sama seperti tahun lalu. Kami juga telah tegaskan pendanaan les ini gratis, tidak memungut biaya sama sekali dari orang tua siswa. Pendanaannya dibebankan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu,” ujar Rasyid.

Rasyid mengungkapkan pihaknya mengubah strategi pelaksanaan les pihak sekolah, karena SMPN 15 Palu menyelenggarakan Ful Day School sehingga proses belajar mengajar hingga sore hari. Jika les di muai sore hari, maka siswa akan kelelahan.

“Untuk itu kami ubah strateginya dengan melaksanakan les tiap Sabtu. Seharusnya kami libur pada Sabtu, tetapi kami membuat kesepakatan dengan peserta didik, Sabtu les dilaksanakan,” jelasnya.

Kata dia, les dilaksanakan peserta didik kelas III mulai pukul 07.30 hingga 12.00 wita. Dengan begitu, kondisi otak para siswa masih segar. Harapannya, materi yang diberikan kepada siswa lebih mudah diserap.

Selain itu, Rasyid menegaskan pihaknya tetap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Alhamdulillah, 80 unit komputer kami pada saat gempa lalu tidak bermasalah, sehingga tahun ini tetap melaksanakan UNBK,” ungkapnya.

Rasyid menambahkan, untuk membiasakan peserta didik menggunakan komputer, maka ujian semester beberapa waktu lalu diselenggarakan berbasis komputer.

“Dengan pola pembiasan seperti ini kami berharap saat hari H ujian nasional, peserta didik tidak akan gugup lagi mengerjakan soal melalui komputer. Kami berusaha agar siswa bisa lancar dalam mengejarkan soal dan bisa meraih prestasi nilai yang memuaskan,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas