Home Palu

Peserta UN Meningkat

207
UNBK - Sejumlah siswa-siswi pada salah satu sekolah di Palu saat mengikuti UNBK tahun lalu. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H Ansyar Sutiadi mengungkapkan pada 2019 ini, jumlah peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional (UN) mengalami peningkatan.

“Pasca bencana awalnya saya berpikir peserta didik UN di sekolah negeri dan swasta berkurang, ternyata sesuai hasil laporan, monitoring dan evaluasi awal, rupanya meningkat jumlah peserta UN,” kata Ansyar di Palu, Sabtu, 19 Januari 2019.

Menurut Ansyar, hal ini merupakan kabar gembira, karena para kepala sekolah betul-betul menjaga mutu dan kualitas pendidikan di Kota Palu. Selain itu, para kepala sekolah juga mampu menjaga proses belajar mengajar serta sarana prasarana sekolah.

“Namun saya belum bisa menyampaikan presentasi meningkatnya jumlah peserta UN. Yang jelas secara evaluasi awal, peserta UN di sejumlah sekolah bertambah,” ungkapnya.

Meningkatnya peserta UN ini, kata Ansyar, karena Disdikbud Palu memfasilitasi sekolah, baik sarana prasarana maupun SDm gurunya.

“Kemudian tahun lalu kami juga sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tahun ini juga tetap melaksanakan UNBK. Soal beberapa kerusakan yang berada di sekolah, nanti akan dilakukan perbaikan.

“Ditambah dengan fasilitas yang kami usulkan tahun ini untuk sekolah-sekolah yang sudah siap melaksanakan UNBK. Sehingga tahun ini, Disdikbud Palu mendapat lagi dari APBD sekitar 455 komputer untuk UNBK,” ujarnya.

Ansyar mengaku, ada beberapa sekolah yang belum menyelenggarakan UNBK di tahun ini karena minimnya ruangan.

“Seperti di SMPN 10 Palu, seharusnya kami alokasikan komputer, namun lokasi sekolahnya berada di zona merah, sehingga kita tidak berani melakukan pembangunan dulu, sehingga tahun ini sekolah tersebut tidak bisa melaksanakan UNBK. Kemudian di SMPN 18, gedungnya masih dalam tahap persiapan, sehingga belum melaksanakan UNBK,” katanya.

Untuk sekolah lainnya kata Ansyar, sudah siap, tinggal menunggu proses pengadaan komputer dan server.

“Yang jelas sejumlah sekolah UNBK telah menyiapkan jaringan internet,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas