Home Palu

Operator Dapodik akan Difasilitasi Komputer

219
H Ansyar Sutiadi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Tahun ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu mengalokasi anggaran pengadaan komputer untuk membantu Sekolah Dasar (SD) dalam rangka update program Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Jadi semua SD Negeri se-Kota Palu akan mendapatkan bantuan komputer sebanyak 131 unit, sesuai jumlah sekolah SD di Palu,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H Ansyar Sutiadi kepada Metrosulawesi, Sabtu, 19 Januari 2019.

Ansyar mengatakan, bantuan komputer tersebut untuk operator Dapodik, yang mengelola data siswa. Bahkan operator Dapodik ini telah diberi tambahan penghasilan tahun lalu.

“Olehnya kami berharap Operator Dapodik dapat menvalidasi data siswa dengan betul-betul dan dapat diyakini. Kepala Sekolah kami mohon menjaga operatornya, bantuan, program yang diluncurkan oleh Kemendikbud RI, semua basisnya adalah Dapodik,” katanya.

Maka Ansyar menegaskan, Dapodik sekolah harus siap. Contohnya kemarin bantuan bencana dari pusat, masih ada siswa terdampak yang namanya belum tercatat, karena namanya belum masuk Dapodik.

“Saya tidak bisa berbuat apa-apa, karena itu data itu langsung sinkron ke pusat, termasuk bantuan sarana-prasarana, basisnya itu Dapodik. Oleh karena itu, Dapodiknya harus diisi dengan benar serta di update setiap saat. Dapodik ini juga dapat mengatur administari guru,” jelasnya.

Ansyar menekankan kepada Kepala Sekolah agar betul-betul melakukan pengawasan operator Dapodiknya, begitupun guru dapat melakukan upaya itu.

“Sehingga data yang ada di sekolah itu terlapor dengan baik ketika di kirim ke pusat,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas