Home Politik Hanya PKB yang Belum Keluarkan Rekomendasi Cawagub

Hanya PKB yang Belum Keluarkan Rekomendasi Cawagub

193
Andi Mansyur Pasande dan Rusli Dg Palabbi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Nampaknya masyarakat Sulawesi Tengah perlu sedikit bersabar lagi untuk mengetahui siapa pengisi jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang sudah kosong sejak dua tahun lalu. Pasalnya, masih terdapat satu partai politik belum mengeluarkan rekomendasi dari dewan pimpinan pusat terhadap dua nama yang sudah disepakati.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, kepada Metrosulawesi 17 Januari 2019 via pesan singkat mengatakan, tiga partai politik telah menyerahkan rekomendasi pimpinan pusat partai masing-masing, yakni Gerindra, PAN dan PBB, tinggal PKB yang belum menyerahkan rekomendasi tersebut.

Merujuk UU No 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, wakil gubernur, walikota, wakil walikota, bupati dan wakil bupati pengisian dua nama yang diajukan ke DPRD harus melengkapi rekomendasi dari pimpinan pusat partai pengusung. Merujuk hal tersebut, bila PKB belum menyerahkan rekomendasi DPP, dipastikan pemilihan Wakil Gubernur sisa masa jabatan 2016-2021 kembali molor.

Pemilihan Wagub Sulawesi Tengah beberapa kali tertunda akibat tidak lengkapnya rekomendasi pimpinan pusat partai pengusung. Bila hal demikian terjadi kembali, maka pemilihan Wagub tidak akan terlaksana, sebab DPRD tidak bisa memproses pemilihan apabila persyaratan belum lengkap.

Sebelumnya empat partai politik pengusung melalui tim advance sudah menyetujui dua nama untuk diajukan ke DPRD Sulawesi Tengah guna dipilih sebagai Wagub, yakni Sekretaris DPW PAN Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi dan Ketua DPW PBB Sulawesi Tengah, Andi Mansyur Pasande.

Disepakatinya dua nama tersebut merupakan suatu kemajuan diinternal partai pengusung, sebab pada proses-proses sebelumnya tidak pernah dihasilkan dua nama. Akibatnya berkas yang diserahkan Gubernur ke DPRD Sulawesi Tengah tidak dapat diproses dan dikembalikan.

Dengan munculnya dua nama ini, masyarakat perlu mendorong agar partai politik yang belum menyerahkan rekomendasi pimpinan pusat agar secepatnya menyerahkan, supaya proses pemilihan di DPRD segera terlaksana.

Reporter: Ewin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here