Home Politik Pasang Iklan Caleg, Nasser Djibran Terancam Pidana 1 Tahun

Pasang Iklan Caleg, Nasser Djibran Terancam Pidana 1 Tahun

149
Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Welly Ismail. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai tengah memproses dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Caleg DPRD Sulawesi Tengah, Daerah Pemilihan (Dapil) Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, atas nama Nasser Djibran, terkait kampanye diluar jadwal.

Sesuai temuan Bawaslu, salah satu meda massa di Kabupaten Banggai menayangkan iklan Caleg atas nama Nasser Djibran. Berdasarkan tahapan Pemilu, iklan di media massa baru bisa diterbitkan pada 24 Maret -13 April 2019. Atas temuan itu, Nasser Djibran terancam pidana satu tahun.

Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Welly Ismail, kepada Metrosulawesi Kamis 17 April 2019 mengatakan, iklan Caleg atas nama Nasser Djibran merupakan temuan Bawaslu Banggai. Saat ini proses pemeriksaan sementara berjalan di Gakumdu Kabupaten Banggai.

“Sudah enam orang diperiksa sebagai saksi termasuk Nasser Djibran untuk dimintai klarifikasi oleh Gakumdu, prosesnya sementara berjalan. Berdasarkan temuan dilapangan, Nasser Djibran dijerat dengan Pasal 492 UU No 7 tentang Pemilu, dengan hukuman maksimal 1 tahun penjara atau denda maksimal Rp12 juta,” tegas Welly.

Terkait hasil klarifikasi semua saksi, Welly belum memberikan jawabannya karena menyangkut materi pemeriksaan. Semua nanti akan disampaikan saat sidang putusan oleh Gakumdu Banggai. Begitupun kemungkinan Nasser Djibran didiskualifikasi dalam Pencalegan, Welly belum bisa memberikan keterangan.

“Kita lihat perkembangan pemeriksaan saksi-saksi. Saat ini Nasser Djibran di jerat Pasal 492 UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, semuanya nanti akan diputusakan oleh Gakumdu,” kata Welly.

Nasser Djibran merupakan Caleg petahana dari partai Golkar Dapil Banggai, Bangkep dan Balut. Pemilu 2019 ini merupakan periode kelimanya. Saat ini Nasser Djibran duduk di Komisi III DPRD Sulawesi Tengah.

Reporter: Ewin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here