Home Hukum & Kriminal Polres Matra Amankan Pemilik Senpi Rakitan di Kasano

Polres Matra Amankan Pemilik Senpi Rakitan di Kasano

139
BARANG BUKTI - Senpi di tangan salah seorang warga bernisial S diperlihatkan usai dilakukan penangkapan di Desa Kasano beberapa waktu lalu. (Foto: Egi Sugianto/ Metrosulawesi)

Pasangkayu, Metrosulawesi.id – Anggota Polres Mamuju Utara (Matra) mengamankan salah seorang warga berinisial S (26) atas kepemilikan senjata api (Senpi) Rabu, 16 Januari 2019.

Pria yang diketahui asal Makassar Sulsel itu, diamankan sekitar pukul 21.00 Wita, di Dusun Kapaha, Desa Kasano, Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu.

Kasat Reskrim Polres Mamuju Utara, AKP Sony Prayogi, mengatakan, S adalah karyawan salah satu perusahaan swasta yang ada di Pasangkayu.

“Yang kita amankan ini telah menyimpan satu senjata rakitan laras pendek,” katanya.

AKP Sony menduga, masih ada warga yang menyimpan senpi rakitan dengan alasan menjaga diri. Namun tak jarang senpi ini bisa disalahgunakan untuk tindak kejahatan.

Olehnya itu ia menghimbau kepada warga yang masih menyimpan senpi rakitan, untuk menyerahkannya ke polisi.

“Polisi tentunya akan mengapresiasi bila atas kesadaran warga, menyerahkan senpi sebelum dilakukan proses hukum,” jelasnya.

Menurutnya kalau dengan kesadaran sendiri menyerahkan tentunya tidak akan diproses, sementara ketika tetap disimpan maka ke depannga polisi akan melakukan pengejaran dan akan memproses secara hukum.

“Karena pemilikan Senpi jelas melanggar Undang-undang darurat dan membahayakan,” tegasnya.

Sony menambahkan ada beberapa kasus yang menjadi perhatian pihak kepolisian di daerah dan kepemilikan senjata api ilegal itu salah satunya dan kasus tersebut adalah kasus terbaru di tahun 2019.

“Dengan pemilikan senpi ini maka tersangka dapat dijerat dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara,” pungkasnya.

Reporter: Egi Sugianto
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here