Home Parigi Moutong

Dukcapil Buka Unit Pelayanan di Tinombo

552
Lewis. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Dinas Dukcapil Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) kini membuka kantor unit pelayanan adminduk dan capil di Kecamatan Tinombo pada Selasa 15 Januari 2019. Unit pelayanan adminduk dan capil itu akan melayani dan menerbitkan seluruh dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

“Karena model pelayanannya sama dengan Dinas Dukcapil di Parigi,” ungkap Kadis Dukcapil Lewis kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu 16 Januari 2019.

Lanjut dia, bahwa tidak hanya wilayah Tinombo, unit pelayanan adminduk ini juga dapat melayani seluruh wilayah Kabupaten Parimo, mulai dari Kecamatan Sausu hingga Kecamatan Moutong.

“Semua bisa dilayanai di tempat itu, tapi target unit pelayanan adminduk ini mulai dari Kecamatan Moutong sampai dengan Tinombo Selatan,” tutur Lewis.

Lewis mengatakan, bahwa unit pelayanan adminduk itu bersifat permanen, sehingga akan lebih memudahkan masyarakat khususnya yang berada di wilayah utara dalam melakukan proses pengurusan administrasi kependudukan.

“Pelayanan adminduk di Tinombo itu sudah dimulai tanggal 14 Januari 2019 sampai seterusnya. Kantor pelayanan Dukcapil ini bersifat permanen, sehingga masyarakat wilayah utara, mulai dari Moutong sampai Tinombo Selatan dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh lagi ke Parigi, semua bisa dilayani di Tinombo,” terangnya.

Lewis menambahkan, bahwa Dukcapil Kabupaten Parimo menargetkan seluruh proses pelayanan dan penerbitan kebutuhan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, mulai dari Kartu Keluarga, perekaman KTP, Cetak KTP, Pindah Datang Penduduk, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Akta Perceraian, Pengakuan Anak dan Pengangkatan Anak semuanya dapat dilakukan di unit pelayanan adminduk tersebut.

“Target kami adalah melayani dan menerbitkan seluruh kebutuhan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Sebelumnya, jika mengurus administrasi kependudukan ini, masyarakat harus jauh-jauh ke Parigi. Sekarang tidak lagi, sebab jarak yang jauh itu telah kami pangkas sehingga pelayanan semakin dekat dan murah,” tandasnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas